Friday, December 19, 2014

ILMU TILIK DAN TINGKAH LAKU TERNAK (PENGAMATAN PADA AYAM KAMPUNG)

NAMA           :        SRI HELMINA 
STAMBUK   :        L1A1 13 087 
I.       PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Tingkah laku atau etologi hewan praktis telah merupakan hal yang penting sejak masa prasejarah. Tingkah laku ini dimanfaatkan oleh para pemburu dan kemudian oleh masyarakat untuk menjinakkan hewan-hewan tersebut. Sampai pada pertengahan abad ini, para ilmuwan di bidang pertanian tidak banyak mengenal ilmu tingkah laku hewan baik secara praktis sebagai hal yang penting maupun sebagai hal yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
Ayam adalah salah satu jenis unggas yang dipelihara oleh masyarakat pada umumnya. Sehingga kita dapat menjumpai ayam dalam kehidupan kita sehari-hari. Ayam ini bisa juga dimanfaatkan untuk keperluan hidup pemeliharanya. Banyak orang-orang yang sengaja memelihara ayam ini dalam suatu tempat disebut sebagai peternakan ayam atau penangkaran ayam.
Kehidupan ayam dimulai dari satu butir telur yang berasal dari induknya. Dari telur yang telah dierami oleh ayam sambil dibolak-balik telurnya agar tetap hangat. Stekah 21 hari, anak ayam menggunakan paruhnya untuk memecah telur agar anak ayam bisa keluar dari cangkangnya. Jika telor tersebut sengaja tidak dierami atau tidak menetas (disebut juga telur wurung), biasanya diambil oleh pemiliknya untuk dimanfaatkan, misalnya dijual, dimasak untuk dikonsumsi sebagai lauk makan atau dijadikan sebagai obat tradisional ataupun jamu penambah darah. Khasiatnya lebih besar ayam kampung yang alami daripada ayam lehr yang merupakan hasil suntikan.

Perkembangan ayam kampung di Indonesia sangat pesat dan telah banyak dipelihara baik oleh peternak maupun masyarakat umum sebagai usaha untuk pemanfaatan pekarangan, pemenuhan gizi keluarga, menyalurkan hobi, peningkatan pendapatan dan bahkan sebagai usaha komersial. Pada umumnya, dahulu ayam kampung dipelihara secara tradisional (ekstensif), yaitu ayam dilepas begitu saja, tanpa disediakan kandang, pakan dan air minum oleh peternak. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, ayam kampung mulai dibudidayakan dan dikembangkan baik secara semi intensif maupun intensif. Pemeliharaan ayam kampung secara semi intensif dilakukan dengan cara ayam pada pagi hari setelah diberi makan dilepas, baru kemudian pada sore hari masuk ke dalam kandang. Sedangkan pemeliharaan secara intensif dilakukan dengan cara ayam dikandangkan sepanjang hari, semua aktivitas dibawah pengelolaan peternak.

1.2  Tujuan
            Adapun tujuan Pada praktikum ini yaitu sbb :
1.      Untuk mengetahui ciri-ciri a ayam pada ayam kampung .
2.      Untuk mengetahui tingkah laku pada ayam kampung.
3.      Untuk mngtahui pngukuran pada ayam kampung.
Manfaat  pada praktikum ini yaitu sbb :
1.      Mengetahui ciri-ciri pada ayam kampung.
2.      Mengetahui tingkah laku yang dimiliki ayam kampung.
3.      Mengetahui pengukuran pada ayam kampung.


















                                                                                                                                         II.            TINJAUAN PUSTAKA
2.1   Ayam kampung
Ayam lokal Indonesia merupakan hasil domestikasi ayam hutan merah (Gallus gallus) dan ayam hutan hijau (Gallus varius). Ayam hutan merah di Indonesia ada dua macam yaitu ayam hutan merah Sumatera (Gallus gallus gallus) dan ayam hutan merah Jawa (Gallus gallus javanicus). Hasil domestikasi ini secara umum disebut ayam buras. Ayam-ayam buras yang sekarang ini telah tersebar di berbagai wilayah Indonesia telah menjadi ayam-ayam buras dengan morfologi yang beraneka ragam (Mansjoer, Waluyo dan Priyono, 1993).
Ayam kampung adalah ayam lokal Indonesia yang berasal dari ayam hutan merah yang telah berhasil dijinakkan. Akibat dari proses evolusi dan domestikasi,maka terciptalah ayam kampung yang telah beradaptasi dengan lingkungansekitarnya, sehingga lebih tahan terhadap penyakit dan cuaca dibandingkan dengan ayam ras (Sarwono, 1991).

Hutt (1949) berpendapat bahwa ayam-ayam piara berasal dari lebih dari satu spesies ayam hutan, tetapi ayam hutan merah merupakan moyang sebagian besar ayam piara yang ada sekarang. Selanjutnya Suharno (1996) menyatakan bahwa nenek moyang ayam adalah ayam hutan (genus Gallus) yang terdiri dari Gallus gallus atau Gallus bankiva, Gallus sonnerati, Gallus lafayetti dan Gallus varius.
Diakui atau tidak selera konsumen terhadap ayam kampung sangat tinggi. Hal itu terlihat dari pertumbuhan populasi dan permintaan ayam kampung yang semakin meningkat dari tahun ke tahun (Bakrie et al.,2003). Hal ini terlihat dari peningkatan produksi ayam kampung dari tahun ke tahun, dimana pada tahun 2001 – 2005 terjadi peningkatan sebanyak 4,5 % dan pada tahun 2005 – 2009 konsumsi ayam kampung dari 1,49 juta ton meningkat menjadi 1,52 juta ton (Aman, 2011).

2.2  Tingkah laku pada ayam
Tingkah laku adalah perilaku yang terorganisir dengan fungsi tertentu, dapat berupa
aksi tunggal atau aksi berurutan yang terintegrasi atau biasanya muncul sebagai respon terhadap stimulus dari lingkungannya. Pola tingkah laku dasar (basic behavior system) pada unggas terdiri dari 7 sampai 9 macam (curtis, 1983 ensiminger, 1992).
            Curtis (1983) menyatakan, meski mengalami domestikasi pola tingkah laku unggas tidak jauh beda dengan pola tingkah laku nenek moyangnya. Terlihat jauh pada perilaku mengais pakan (feed seeking), mematuk-matuk bulu (feather pecking). Ayam mampu belajar dari pengalaman bila dilatih secara tetap dan berulang kali. Bunyi-bunyian tertentu dapat dipakai sebagai sinyal waku makan telah tiba. Pengetahuan dan keterampilan ini tidak scara otomatis diturunkan pada generasi berikutnya. Hal ini perlu mendapatkan perhatian dalam upaya domestikasi adalah siklus tingkah laku rutin, tingkah laku sosial dan tingkah laku genetik.
            Ayam mempunyai tingkah laku yang lebih baik untuk didomestikasi dibandingkan hewan pertanian lainnya. Domestikasi adalah proses dimana hewan secara kontinyu beradaptasi dengan lingkungan buatan. Ukuran-ukuran tingkah laku, fisiologi dan patologi merupakan indikator yang sama pentingnya untuk kesejahteraan dan adaptibilas (siegel, 1984).














                                                                                                                                   III.            METODE PRAKTIKUM

3.1.Waktu dan Tempat
            Praktikum ini di laksanakan pada hari sabtu tanggal 15 dan bertempat di Kandang Pengembangan Unggas, Fakultas Peternakan, Universitas Halu Oleo, Kendari.

3.2. Alat dan Bahan
Alat yang digunakan pada praktikum pengamatan tingkah laku ayam dapat di lihat pada Tabel 1.
Tabel 1. Alat dan kegunaan pada praktikum pengamatan tingkah laku ayam
No.
Nama Alat
Kegunaan
1.
Kamera
Untuk mengambil gambar
2.
Alat tulis
Untuk mencatat setiap tingkah laku ayam.

Bahan yang digunakan pada praktikum pengamatan tingkah laku ayam dapat di lihat pada Tabel 2.
Tabel 2. Bahan dan kegunaan pada praktikum pengamatan tingkah laku ayam :
No.
Bahan
Kegunaan
1.
Ayam jantan dan betina
Sebagai objek pengamatan

3.3    Prosedur Kerja
            Prosedur kerja pada praktikum pengamatan sifat kualitatif dan kuantitatif ayam kampung adalah sebagai berikut :
1.         Mempersiapkan alat yang akan digunakan.
2.         Menentukan jenis ayam kampung yang akan dijadikan sebagai objek praktikum.
3.         Mngamati tingkah laku makan, tingkah laku sosial, tingkah laku kawin, tingkah laku bertengger, tingkah laku berkokok, pada ayam kampung.
4.         Mengukur panjang kepala, diameter kepala, panjang paruh, tinggi jengger, panjang seng, diameter seng, lingkar dada, panjang badan, berat badan, panjang sayap pada ayam kampung.
5.         Mencatat hasil pengamatan.
6.         Membuat laporan



                                                                                                                             IV.            HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1. Hasil pengamatan
Hasil pengamatan pada ayam kampung dapat di lihat pada tabel 3.
Tabel 3. Karakteristik ternak ayam berdasarkan ciri-cirinya.
No 
Ciri-ciri ayam
Ayam 1
Ayam 2
1
Jenis ayam
Ayam kampung
Ayam kampung
2
Jenis kelamin
jantan
Betina
3
Warna bulu
Kuning kecoklatan
Hitam
4
Warna paruh
Kuning
Hitam

Hasil pengamatan pada ayam kampung dapat di lihat pada tabel 4.
Tabel 4. Karakteristik ternak ayam kampung  berdasarkantingkah laku
No.
Tingkah laku
Hasil Pengamatan
1.
Tingkah laku makan
14 kali mematuk/ 9 detik
2.
Tingkah laku sosial
Bergerombol
3.
Tingkah laku kawin
-
4.
Tingkah laku bertengger
-
5.
Tingkah laku berkokok
-

Hasil pengamatan pada ayam kampung dapat di lihat pada tabel tabel 5.
Tabel 5. Hasil pengamatan pengukuran pada ayam kampung
No
Pengukuran
Hasil pengamatan
Rata-rata
standar deviasi
Ayam 1
Ayam 2
1.
Panjang kepala(cm)
2,5
2,4
2,45
0,71
2.
Diameter kepala(cm)
1,9
1,8
1,85
0,70
3.
Panjang paru (cm)
0,5
0,5
0,5
-
4.
Tinggi jengger (cm)
0,2
-
0,2
-
5.
Panjang seng (cm)
3
3
3
-
6.
Panjang seng (cm)
0,3
0,2
0,25
0,07
7.
Lingkar dada (cm)
5
11
8
4,24
8.
Panjang badan (cm)
7
12
9,5
3,53
9.
Berat badan (kg)
120
79
99,5
28,5
10.
Berat badan (kg)
7
6
6,5
0,70





4.2  Pembahasan
Pada praktikum ini ada dua ekor ayam kampung yang dijadikan sebagai bahan pengamatan, tapi untuk pengamatan karakteristik Berdasarkan ciri-ciri dan tingkah lakunya ada 21 ayam yang kami amati. Sedangakan untuk pengukuran hanya diambil 2 ayam saja untuk dijadikan sebagai bahan pengamatan.
a.      Ciri-ciri ayam kampung
Berdasarkan hasil pengamatan pada ayam kampung dilihat warna bulu yaitu berwarna coklat dan berwarna hitam. Warna bulu yang yang beragan pada ayam dipengaruhi oleh kerja gen satu (inhibitor) yang memicu produksi pigmen melanin.pegmen melanin terbagi menjadi 2 tipe yaitu eumelanin dan pheomelanin(brumbaugh dan moore, 1968).
            Pada pengamatan jengger ayam kampung, ayam jantan memiliki jengger, sedangkan ayam betina tidak memiliki jengger. Menurut suprijatna(2005) jengger digunakan sebagai aksesoris seksual, ayam jantan memiliki jengger yang besar dan tebal.
Pada pengamatan warna paruh ayam jantan yaitu berwarna kuning dan warna paruh ayam betina berwarna hitam. Karakteristik berwarna kuning (columbian) disebabkan oleh kurangnya kandungan melanin pada jaringan kulit (dermis) dikontrol oleh gen resesif terkait kelamin (solid black) warna hitam (Budipurwanto, 2001).

b.      Tingkah laku ayam kampung
Berdasarkan  hasil pengamatan yang kami lakukan dilapangan tentang tingkah laku ayam kampung yang dapat kami amati adalah sebagai berikut:
1.Tingkah Laku Sosial
            Pada tingkah laku sosial ini hal yang kami amati yaitu dimana pada saat ayam didekati , ayam tersebut bergerombol
            2. Tingkah Laku Makan
            Tingkah laku makan yang kami amati adalah ketika ayam ingin mencari makan, ayam tersebut terlebih dahulu mengais-ngais tanah.Setelah mengais-ngais tanah ayam tersebut kemudian mematuk makananya dari tanah tersebut dengan interval patukan 14 kali.Setelah itu ayam tersebut kembali mengais-ngais tanah.
             Sedangkan untuk tingkah laku kawin, tingkah laku bertengger dan tingkah laku berkokok tidak terlihat pada pengamatan ini.


c.       Pengukuran pada ayam kampung
            Berdasarkan hasil pengamatan yang kami lakukan dilapangan tentang pengukuran pada ayam kampung adalah sbb :
1.      Panjang kepala dan diameter kepala
Panjang kepala yang kami amati pada ayam kampung ini menghasilkan rata-rata 2,45 cm dan stadev 0,71 sedangkan diameter kepalanya menghasilkan rata-rata 1,85 cm dan stadev 0,70.
2.      Panjang paruh dan panjang seng
Panjang paruh yang kami amati pada ayam menghasilkan rata-rata 0,5 cm sedangkan panjang seng menghsilkan rata-rata 3 cm.
3.      Tinggi jengger dan diameter seng
Tinggi jengger yang kami ukur menghasilkan rata-rata 0,2 cm sedangkan diameter seng menghasilkan 0,25 cm.
4.      Lingkar dan panjang badan
Lingkar dada yang kami ukur mengsilkan rata-rata 8 cm sedangkan panjang badan menghasilkan rata-rata 9,5 cm.
5.      Berat badan dan panjang sayap
Berat badan yang kami ukur menghasilkan rata-rata 99,5 kg sedangkan panjang sayap menghasilkan rata-rata 6,5 cm.















                                                                                                                                                                V.            PENUTUP
5.1   Kesimpulan
            Dari hasil pembahasan dapat di tarik kesimpulan  sebagai berikut :
1.      Untuk ciri-ciri ayam kampung yaitu, untuk jenis kelamin ayam ada dua yaitu jantan dan betina, sedangkan untuk warna bulu yaitu 19 ekor wana kuning kecoklatan dan 2 warna hitam.
2.      Tingkah laku ayam kampung yaitu tingkah laku makan 14 kali/9 detik mematuk, tingkah laku sosial bergerombol sedangkan untuk tingkah laku kawin, tingkah laku bertengger, tingkah laku berkokok tidak terlihat karna ayam yang kami jadikan bahan pengamatan adalah anak ayam.
3.      Untuk pengukuran pada ayam kampung yaitu Panjang kepala menghasilkan rata-rata 2,45 cm sedangkan diameter kepalanya menghasilkan rata-rata 1,85 cm. Panjang paruh yang kami amati pada ayam menghasilkan rata-rata 0,5 cm sedangkan panjang seng menghasilkan rata-rata 3 cm.Tinggi jengger yang kami ukur menghasilkan rata-rata 0,2 cm sedangkan diameter seng menghasilkan 0,25 cm. Lingkar dada yang kami ukur mengsilkan rata-rata 8 cm sedangkan panjang badan menghasilkan rata-rata 9,5 cm.Berat badan yang kami ukur menghasilkan rata-rata 99,5 kg sedangkan panjang sayap menghasilkan rata-rata 6,5 cm.

5.2  Saran
Saran yang dapat saya ajukan pada praktikum ini yaitu sebaiknnya praktium ini dilaksanakan dengan waktu yang cukup lama sehingga mahasiswa dapat lebih memahami tentang tingkah laku ayam kampung.









DAFTAR PUSTAKA
Hutt, F.B. 1949. Genetics of the Fowl. McGraw-Hill Book Company, Inc. New York, Toronto, London

Nozawa, K. 1980. Phylogenetic Studies on Native Domestic an Animal in East and Shoutheast Asia. Tropical Agriculture Research Center, Japan IV : 23.

Mansjoer, S.S. 1985. Pengkajian sifa-sifat produksi ayam kampung beserta persilangannya dengan Rhode Island Red. Disertasi. Fakultas Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Rasyaf, M. 1987. Beternak Ayam Kampung. Penerbit penebar swadaya, Jakarta.

Sarwono. B. 2005. Beternak Ayam Buras Pedaging dan Petelur. Edisi Revisi. Jakarta Soeharsono. 1976.

15 comments:

  1. ngomong ngomong curtis kok gada di daftar pustakanya bang ._.

    ReplyDelete
  2. ===> BONUS NEW MEMBER <===

    DONACOPOKER merupakan online web judi kartu online Indonesia terpercaya dan terlengkap dalam menyediakan permainan judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online...Bahkan yang merupakan website Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, memberikan MINIMAL deposit yang sangat murah serta menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan dapat bermain dengan para pemain dari banyak kota yang ada di Indonesia, main poker online hanya di DonacoPoker.

    === 1 ID Bisa Main 7 Permainan ===
    pokerdonaco

    Ayo join sekarang di DonacoPoker.net

    ReplyDelete
  3. PROMO MEMBER BARU 15%

    DewaZeus merupakan bagian dari situs ZeusBola, yg merupakan agen mater taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di judi online terpercaya.

    Yang Merupakan Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang presiden Isle of Man terhadap beroperasi yang merupakan juru taruhan sport sedunia.

    main judi pakai pulsa

    Ayo main sekarang di dewazeus.pw

    ReplyDelete
  4. BONUS FREECHIP HARIAN!

    CemePoker ialah perutusan Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yg sediakan bermacam banyak game dgn 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan juga sebagai perwakilan judi poker dgn rating win tertinggi.
    cemepoker menjamin 100% keamanan kaum membernya pun pemain Poker beta dipastikan 100% Player VS Player.
    jangan abai nantikan upah menyentak tiap-tiap bulannya dan bunga referal segolongan pandangan hidup

    https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

    Ayo main hari ini di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

    ReplyDelete
  5. Bagi setiap pemain dominoqq online pada dasarnya ialah mengincar kemenangan. keuntungan yang menggiurkan menanti anda. Jangan ragu lagi karena dapat menggunakan pulsa untuk melakukan transaksi.

    http://167.71.214.170/
    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online
    Judi Deposit Pulsa
    Bandar66 Online

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    ReplyDelete
  6. Yakin anda selalu tidak hoki?? Kami tantang anda yang merasa selalu tidak hoki... Kami yakin tidak ada orang yang tidak hoki...disini akan kami adu hoki anda dengan hoki pemain lain...

    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  7. Winning303

    Tersedia Banyak Permainan Menarik :
    Sports
    Slot
    Live casino
    Sabung ayam

    Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

    Link Terbaru : www.winning303.pw

    ReplyDelete
  8. Donaco Poker

    Merupakan salah satu Agen Poker Online paling baru

    Salah satu dari Server Poker Terpercaya, Terbaik dan Paling Bagus dan sudah Terbukti kualitasnya .

    Menyediakan 5 jenis bank lokal ( BCA, BNI, BRI, MANDIRI, DANAMON )

    PERMAINAN 1 ID BISA BERMAIN 7 PERMAINAN
    1. POKER ONLINE
    2. BANDAR CEME
    3. CEME KELILING
    4. DOMINO QIU
    5. SUPER TEN
    6. CAPSA SUSUN
    7. OMAHA

    Silahkan Klik ID Gratis DONACO

    Ayo Coba Sekarang Juga!!

    INFO LEBIH LANUT :
    WHATSAPP : +6281333555662
    LINE : Donaco.poker

    Salam Kemenangan Untuk Anda.
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  9. MuseumAyam situs cockfight Terpopuler Indonesia Dengan Minimal Taruhan Hanya 10ribu saja. Menyedikan Juga Berbagai Permainan Terpopuler Lainnya Seperti Taruhan Sepak Bola, Live Casino, Poker, Bola Tangkas, Togel SGP,HK,SDY, Tembak Ikan Online, Slot Games, Dan Masih Banyak Lainnya. Proses Cepat Berapapun Kami Bayar Terpercaya

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO MUSEUMAYAM SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%

    Contact Resmi MuseumAyam
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Agen Togel Hongkong
    Museumbola Slot Pulsa
    Museum Ayam
    Museum Poker
    Agen Sabung Ayam Online Club388
    Daftar S128
    Bandar S128 Resmi
    Sabong Ayam Terpercaya

    ReplyDelete
  10. SITUS SLOT ONLINE TERBAIK 2021

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    DAPATKAN BONUS NEW MEMBER 50% KHUSUS GAME SLOT ONLINE.
    AYO CLAIM SEBELUM KEHABISAN
    Periode 15 - 26 Februari 2021

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    ReplyDelete
  11. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Link Daftar Judi Poker Online Uang Asli Via Pulsa

    Download Aplikasi Judi Kartu Poker Online Deposit Pulsa

    ReplyDelete
  12. Anda pencinta permainan Poker?

    Sering kalah dalam bermain poker?

    Jangan khawatir kawan mari join bersama kami di MUSEUM POKER

    Info hub
    WA: 0822 6793 2581

    ReplyDelete
  13. Untuk yg suka bermain sabung ayam dsni tempat ny
    new member 10% lansung di berikan tanpa syarat dan ribet

    proses depo wd secepat kilat ^^

    tunggu apa lagi silahkn registrasi dan bukti kan sendiri
    New member 10%
    Silahkan hub : WA :+62 812-2222-995

    ReplyDelete

  14. Dapatkan promo judi pulsa online tanpa potongan hanya di Pokervita

    REGISTER

    Mari tunggu apalagi kawan join GRATIS

    Info hub
    WA:0812 2222 996

    ReplyDelete
  15. ZEUSBOLA Situs Judi Terlengkap dan Terpecaya..
    *Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan
    *Bonus New Member 15%
    *Bonus Deposit Harian 10%
    *Bonus Reward Setiap Tingkatan Level
    *Bonus referral ZeusBola
    AYO...Tunggu apa lagi, Bergabung dan bermian di Zeus Bola dan dapatkan berbagai Bonus lainnya Bosku.
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

    ReplyDelete