Enter Your Email

Friday, January 25, 2013

Merancang sekolah dan kurikulum

BAB I
PENDAHULUAN (IDENTITAS SEKOLAH)
Nama sekolah                                      : SD  Taruna El-Malik 92 
Alamat Sekolah                                   : Jln. Sao-Sao no. 5 Kendari, Sulawesi Tenggara
Status Sekolah                                                : Disamakan

DESKRIPSI SEKOLAH
Luas total                                            : 200x100
Luas halaman                                      :
Luas ruang kelas                                 :
Denah sekolah dan denah kelas          : dilampirkan
Fasilitas sekolah                                  :
-          Papan tulis
-          Lemari
-          Kursi dan meja
-          Peralatan Lab. IPA sederhana (
-          Peralatan Olahraga (Bola kaki, bola basket, net, jalur lompat jauh, lapangan serba guna, matras, dll)

-          Peralatan kesenian (gendang, pemutar akaset, alat gambar, beberapa kostum kesenian)
-          Beberapa Alat pertamanan (cangkul kecil, sabit, bibit dan alat penyiram tanaman)
Jumlah gedung kelas                           : -   18 ruang kelas (3 gedung belajar utama)
-          1 ruang guru dan kantor
-          1 aula serbaguna
-          1 musholah
-          2 toilet di masing-masing gedung belajar utama)
-          Kantin Sehat
Luas ruang hijau                                   :
Luas parkiran                                        : 8 x 3 m

VISI
Membentuk siswa-siswi yang cerdas, berakhlak mulia, mencintai lingkungan, berjiwa lokal, daya saing nasional dan berwawasan global.

MISI
1.      Menjadikan sekolah bertaraf internasional dalam jangka waktu 2 tahun.
2.      Menjadikan sekolah yang berlandaskan iman dan taqwa
3.      Menciptakan lingkungan sekolah yang asri, indah dan nyaman yang berorientasikan pada pengembangan lingukungan hijau.
4.    Menciptakan pembelajaran yang efektif, krearif dan berkualitas secara insentif guna menghadapi persaingan dalam era globalisasi.
5.    Mengembangkan minat, bakat dan potensi siswa secara maksimal melalui kegiatan ekstrakurikuler.
6.    Membentuk siswa-siswi sekolah yang mencintai budaya kearifan lokal melalui pengajaran budaya secara konsisten dan  berkesinambungan.
7.    Mengembangkan dan membiasakan perilaku disiplin warga sekolah.



TUJUAN
Mengacu pada rumusan VISI dan MISI tersebut diatas, maka tujuan pendidikan pada sekolah dirumuskan sebagai berikut :
1.     Menanamkan perilaku akhlak mulia serta kepribadian yang utuh kepada peserta didik.
2.     Meraih prestasi akademik maupun non akademik minimal tingkat Kota Kendari.
3.   Melakukan penghijaun baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah serta menanamkan gaya hidup hijau bagi warga sekolah.
3.     Mengusai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi.
4.     Mengembangkan  tenaga edukatif agar lebih profesional, guna meningkatkan mutu pembelajaran sekolah.
5.     Mengembangkan potensi  (bakat) peserta didik dibidang seni ,olahraga, dan keterampilan melalui program extrakurikuler.
6.   menanamkan rasa cinta budaya lokal kepada siswa-siswi melalui pengajaran kearifan budaya secara konsisten dan terus menerus.
7.    Menciptakan suasana yang harmonis antar Guru, Orang tua dan Masyarakat pada khususnya dan sekolah-sekolah lain pada umumnya.










BAB II
DAFTAR MATA PELAJARAN
·         Daftar Mata Pelajaran
-          Pendidikan Agama
-          Pendidikan Kewarganegaraan
-          Ilmu Pengetahuan Alam
-          Ilmu Penegetahuan Sosial
-          Bahasa Indonesia
-          Bahasa Inggris
-          Matematika
-          Pendidikan Jasmani, olaharaga dan kesehatan (Penjaskes)
-          Pendidikan Seni budaya dan keterampilan (SBK)
-          Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)
-          Muatan Lokal (Mulok)
-          Pertamanan

·         Bobot Mata Pelajaran
Mata Pelajaran
Jumlah Pertemuan per Minggu
Total Waktu (menit)
Pendidikan Agama
1 x seminggu = 1 x 2 jam pelajaran*
80 menit
Pendidikan Kewarganegaraan
1 x seminggu = 1 x 2 jam pelajaran*
80 menit
Ilmu Pengetahuan Alam
2 x seminggu = 2 x 2 jam pelajaran*
180 menit
Ilmu Penegetahuan Sosial
2 x seminggu = 2 x 2 jam pelajaran*
180 menit
Bahasa Indonesia
2 x seminggu = 2 x 2 jam pelajaran*
180 menit
Bahasa Inggris
2 x seminggu = 2 x 2 jam pelajaran*
180 menit
Matematika
2 x seminggu = 2 x 2 jam pelajaran*
180 menit
Pendidikan Jasmani, olaharaga dan kesehatan (Penjaskes)
1 x seminggu = 1 x 2 jam pelajaran*
180 menit
Pendidikan Seni budaya dan keterampilan (SBK)
1 x seminggu = 1 x 2 jam pelajaran*
180 menit
Pendidikan Lingkungan Hidup
1 x seminggu = 1 x 2 jam pelajaran*
180 menit
Muatan Lokal (Mulok)
1 x seminggu = 1 x 2 jam pelajaran*
80 menit
*Keterangan : 1 jam pelajaran = 1 x 40 menit
·         Kriteria Ketuntasan Belajar

Mata Pelajaran
Kriteria Ketuntasan Belajar
Pendidikan Agama
65
 Pendidikan Kewarganegaraan
65
Ilmu Pengetahuan Alam
65
Ilmu Penegetahuan Sosial
65
Bahasa Indonesia
65
Bahasa Inggris
65
Matematika
65
Pendidikan Jasmani, olaharaga dan kesehatan (Penjaskes)
65
Pendidikan Seni budaya dan keterampilan (SBK)
65
Pendidikan Lingkungan Hidup
65
Muatan Lokal
65

·         KETERAMPILAN
1.      Bahasa asing (bahasa inggris)
-          Pada tahap ini siswa dituntut untuk terampil dalam mengucapkan salam
-          Menyapa teman dan guru atau orang yang lebih  tua dari mereka
-          Dalam hal ini siswa hanya di ajarkan cara bercakap-cakap keseharian tanpa harus berpatokan pada aturan yang sesungguhnya
-          Tujuannya agar siswa mampu bersaing ketika melanjutkan pendidikan atau mampu berkomunikasi secara sederhana menggunakan bahasa inggris
2.      Membuat karya sendiri (GURU KESENIAN)
-           melukis/menggambar, membuat mainan, sulaman,anyaman
-          Dalam hal ini siswa membawa bahan sendiri
-          Guru mengarahkan tentang bahan apa yang akan di bawa kesekolah, apa yang akan siswa perbuat, dan menerangkan apa manfaatnya
-          CONTOH: guru akan mengajarkan siswa membuat anyaman berbentuk ikan, maka guru memerintahkan siswa untuk membawa kertas metallic
-          Alat di sediakan oleh sekolah: gunting kecil, lem dan benang
3.      Pendidikan lingkungan hidup (pemeliharaan tanaman) (GURU PERTAMANAN)
-           SISWA menanam bunga dan tumbuhan hias
-          Siswa belajar menanam berdasarkan bimbingan guru
-          Alat dab bahan disediakan oleh sekolah ( cangkul kecil, sabit, bibit, alat penyiram tanaman)
4.      Kesenian (GURU KESENIAN)
-          tarian,siswa di tuntut untuk mampu terampil dalam melakukan setiap gerakan tari dan mampu menghayati setiap gerakan yang mereka lakukan sehingga siswa mampu menari dengan sungguh-sungguh
-           bernyanyi siswa dituntut  terampil dalam mengolah vocal, mengetahui jenis suara mereka apakah suara 1, 2 atau 3. Dan tau tekhnik-tekhnik mengolah suara yang sesuai dengan  suara mereka
-          Teater, siswa di latih untuk memerahkan sebuah karakter atau di latih berakting secara baik dan benar agar dapat menhayati peran mereka, melalui bimbingan guru
·         Muatan Lokal
-          Muatan lokal diambil dari budaya lokal yang sesuai dengan lokasi/tempat sekolah. Karena lokasi sekolah berada di Kota Kendari, maka muatan lokal yang diambil yaitu Bahasa Daerah Tolaki, yakni bahasa asli daerah kota kendari. Bahasa ini di ajarkan tersendiri (menjadi salah satu mata pelajaran bahasa) untuk kelas 4 sampai 6.
-          Bukan hanya bahasa daerah, budaya tolaki juga di ajarkan. Tapi pelajaran budaya ini hanya dimasukkan (diintegrasikan) kedalam sub-pokok bahasan mata pelajaran kesenian. Selain budaya tolaki, akan di ajarkan juga beberapa budaya Indonesia, terutama budaya Sulawesi tenggara.

No comments:

Post a Comment