Enter Your Email

Saturday, July 7, 2012

Contoh makalah tentang Makanan


BAB I
PENDAHULUAN


1.1    Latar Belakang
Makanan yang kita konsumsi menyediakan bahan baku dan energi untuk pergrakan sistem didalam tubuh yang sangat kompleks,pertumbuhan terus menerus,serta perbaikan dalam regenerasi sel. Setiap hari, tubuh kita sibuk  membuang sel-sel yang telah tua,rusak,ataupun mati,serta dengan se-sel yang baru dan sehat.
Untuk memelihara tubuh agar tetap sehat, kita perlu makan makanan yang menyediakan energi dari bahan baku sebaik mungkin. Makanan ini kita sebut sebagai “Makanan Berkhasiat”. Selain itu juga,kita juga perlu menghindari makanan yang dapat mengganggu proses-proses di atas atau dapat merugikan kita.

1.2    Rumusan Masalah
Berdasarkan  uraian latar belakang diatas maka rumusan masalah dalam makalah ini adalah
a.     Mengapa sejumlah makanan tidak baik untuk kita?
b.     Mengapa makanan berkhasiat atau sehat sangat baik untuk kita?

1.3    Tujuan
Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini adalah:
a.     Untuk mengetahui makanan yang sehat dan baik untuk dikonsumsi dan bermanfaat dalam tubuh kita.
b.     Makanan yang sehat dan berkhasiat dapat membantu melindungi tubuh kita dari penyakit.
c.      Untuk mengetahui jenis-jenis makanan yang sehat dan berkhasiat
BAB II
KERANGKA TEORI

2.1    Landasan Teori

          Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomondasikan agar kita mengkonsumsi minimal lima porsi buah dan sayuran dalam sehari serta makana-makanan yang bergizi atau berkhasiat lainnya yang dapat membantu tumbuh kita agar tidak  cepat terserang penyakit.


BAB III
PEMBAHASAN
         
Mengapa sejumlah makanan tidak baik bagi kita?
Banyak diantara kita yang sering menyantap makana yang telah diproses atau
 junk food. Mengapa hal ini sangat buruk bagi kita? Selain kurang bergizi makanan semacam ini juga mengandung terlalau banyak lemak, gula dan garam sulingan, pewarna buatan, penyedap rasa, dan bahan pengawet. Kita juga sring minum kopi,  teh dan alkohol, serta menyantap makanan yang dipelihara dengan pestisida. Karena hal tersebut, tubuh bereaksi seperti ketika sedang sakit, yaitu berkosentrasi untuk membuang racun. Dengan demikian, hanya trsisa sedikit waktu dan energi untuk proses penyembuhan, pmbaruan dan pembersihan sehari-hari. Lambat laut, tubuh tidak dapat lagi melakukan fungsinya. Dampak pertama terlihat pada hati, ginjal,dan sistem kekebalan tubuh yang bekerja terlalau keras. Kerja tubuh menjadi lebih lambat sehingga kitapun menjadi lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit. Akhirnya, tubuh mungkin akan kelebihan berat, tidak bugar dan mudah terkena penyakit jantung,kangker, atau penyumbatan pembuluh arteri.
          Organisasi K         esehtan Dunia telah menyebutkan bahwa vitamin A (betakaroten dan sayuran), vitami C , dan vitami E sangat penting bagi kesehatan. Vitamin-vitamin ini beserta mineral selenium dan sen dikenal sebagai antioksidan. Banyak jenis vitamin B-kompleks, enzim, dan asam amino tertentu yang juga mengandung antioksidan. Mereka tidak hanya dapat melindungi kita dari infeksi kecil, tetapi njuga dapat menurunkan resiko penyakit degeneratif (penurunan fungsi organ dan jaringan tubuh) yang serius,seperti kanker dan penyakit jantung, serta dapat memperlambat proses penuaan dini.
Menapa makanan berkhasiat sangat baik untuk kita?
          Selain mengandung sedikit bahan kimia buruk, makanan berkhasiat juga memiliki sejumlah besar unsur manfaat yang dapat membantu melepaskan racun dan meningkatan sistem kekebalan tubuh. Kita perlu memilih makanan yang berkualitas. Selain itu,kita juga perlu mengkonsumsi beragam jenis makanan yang dapat saling melengkapi untuk menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh kita,seperti makan yang mengandung protein. Protei dapat ditemukan dalam ikan,daging, unggas, dan lain-lain. Makanan yang mengandung berbagai jenis mineral dan antioksida,ini dapat ditemukan dalm buag dan sayuran. Makanan yang mengandung zat tepung seperti gandum,gandum hitam,beras, singkong,ubi dan lain-lain.makanan yang mengandung karbohidrat seperti makanan yang mengandung gula. Kita juga memerlukan makan yang berlemak yang dapat membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K. Akan tetapi kita , kita hanya memerlukan sedikit lemak yang diambil dari jenis makanan yang paling bermanfaat,misalnya minyak zaitun dan minyak wijen.


 BAB 1V
P E N U T U P
         
4.1.   Kesimpulan
          Adapun kesimpulan dari makalah saya ini yang berjudul “Makanan Berkhasiat” yaitu mengkonsumsi makanan yang tepat dan sehat bukan hanya dapat membuat kita sehat, akan tetapi juga membantu tubuh kita melawan penyakit.

4.2.   Saran
          Adapun saran saya yaitu marilah kita menjaga tubuh kita supaya tetap sehat dan terhindar dari berbagai serangan penyakit dengan cara mengkonsumsi makan yang sehat dan berkhasiat.
 
DAFTAR PUSTAKA
         
Selby,Anna. 2005. Makanan Berkhasiat. Jakarta : Erlangga

No comments:

Post a Comment